Pengertian Deklarasi Asal Barang

Deklarasi Asal Barang untuk SKA (Origin Declaration) yang selanjutnya disingkat DAB adalah pernyataan asal barang yang dibuat oleh ER atau ES untuk barang ekspor sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan, perjanjian atau kesepakatan internasional yang berlaku.

Deklarasi Asal Barang untuk SKA dapat dibuat oleh Eksportir setelah mendapatkan penetapan sebagai ER atau ES, Pembuatan DAB dapat dilakukan melalui e-SKA ( http://e-ska.kemendag.go.id/cms.php )

Eksportir Teregistrasi

Eksportir Teregistrasi (Registered Exporter) yang selanjutnya disingkat ER adalah Eksportir yang teregistrasi dan diberi kewenangan oleh Kementerian Perdagangan untuk mengeluarkan DAB (Origin Declaration) untuk barang ekspor.

Eksportir Tersertifikasi

Eksportir Tersertifikasi (Certified Exporter) yang selanjutnya disingkat ES adalah ER yang telah memenuhi kriteria penetapan Eksportir Tersertifikasi dan Ketentuan Asal Barang Indonesia (Rules of Origin of Indonesia), dan diberi kewenangan oleh Kementerian Perdagangan untuk mengeluarkan DAB (Origin Declaration) untuk barang ekspor

DAB sebagai pengganti SKA

Selanjutnya DAB digunakan oleh Eksportir sebagai pengganti Surat Keterangan Asal Barang (SKA) / Certificate of Origin (COO). Dengan digunakannya DAB tersebut maka pernyataan asal barang menjadi lebih efisien.

Keabsahan isi dari DAB menjadi tanggung jawab penuh Eksportir, apabila pihak Eksportir melakukan kecurangan dengan mengisi DAB tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku maka DAB akan dicabut dan Eksportir tidak dapat lagi mengeluarkan DAB.