Pengantar

Keuntungan Implementasi Form IC_CEPA bagi Indonesia begitu besarnya, mengingat IC-CEPA sudah di depan mata maka pelaku usaha Indonesia harus segera reaktif dan menangkap peluang emas ini dengan sebaik-baiknya khususnya eksportir.

Chile akan menghapuskan tarif bea masuk terhadap 7.669 produk. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6.704 produk di antaranya akan langsung 0% saat persetujuan IC-CEPA berlaku. Sisanya akan dihapuskan secara bertahap hingga tahun ketujuh. Sebagian produk Indonesia yang siap mendapatkan tarif 0%:

Surat Keterangan Asal Form IC_CEPA

Dengan memanfaatkan Surat Keterangan Asal FORM IC_CEPA melalui portal http://e-ska.kemendag.go.id/cms.php maka Eksportir dapat memanfaatkan penurunan bahkan pembebasan tarif bea masuk dinegara Chile dan hal ini merupakan keuntungan implementasi IC-CEPA.

Keuntungan Implementasi IC-CEPA

Berikut fakta IC-CEPA yang wajib diketahui pelaku usaha Indonesia:

Alas Kaki: Semua tarif produk alas kaki akan 0%. Dari 36 pos tarif alas kaki, 29 di antaranya akan 0% saat IC-CEPA berlaku sisanya dihapus secara bertahap. dalam 5 dan 7 tahun.

Ban: Mengikuti jejak otomitif, ban juga mendapat penghapusan tarif 0%. Sebanyak 22 pos tarif ban, 10 di antaranya akan langsung 0% saat IC-CEPA berlaku sedangkan sisanya dihapuskan secara bertahap dalam waktu 5 dan 7 tahun.

Lemari Pendingin: lemari pendingin, kecuali yang berkapasitas lebih dari 200 dan 300 liter, tariffnya akan dihapuskan secara bertahap dalam waktu 7 tahun. Untuk lemari pendingin berkapasitas lebih dari 200 dan 300 liter, tarifnya akan diturunkan 50% menjadi 3% pada tahun ke-10.

Peralatan militer: tank dan kendaraan tempur lapis baja akan 0% saat IC-CEPA berlaku sedangkan senjata api akan dihapuskan menjadi 0% secara bertahap dalam 7 tahun.

Otomotif dan Spare Part: semua pos tarif otomotif akan 0% dalam waktu 5 tahun sejak perjanjian ini berlaku. 406 pos tarif bahkan sudah 0% saat persetujuan ini berlaku.

Produk Lainnya

Produk perikanan: tarif udang, tuna, cakalang, swordfish, dan lobster akan langsung 0% saat perjanjian berlaku sedangkan sarden, makarel, dan cumi-cumi dihapuskan secara bertahap dalam 5 dan 7 tahun.

Tekstil: 678 pos tarif tekstil akan 0% dalam 7 tahun dan 277 langsung 0% saat persetujuan berlaku.

Minyak Sawit: tariff minyak sawit akan langsung dihapuskan sejak perjanjian ini berlaku.

Biofuel: Biofuel yang bersumber dari kelapa sawit dapat menikmati tarif 0% saat ICCEPA mulai berlaku. Sebelumnya produk ini dikenakan tarif 6%.

Kertas: Sebanyak 170 pos tarif kertas akan 0% saat IC-CEPA berlaku, sisanya dihapuskan secara bertahap dalam 7 tahun.

Kopi Instan: saat ini tarif kopi instan di Chile adalah 6% namun apabila IC-CEPA berlaku, tarifnya akan dihapus menjadi 0%.

Teh: sama seperti kopi instan, teh juga mendapatkan tarif 0% saat IC-CEPA mulai berlaku, kecuali yang berbentuk ekstraksi.

Furniture: Sebanyak 162 pos tarif kayu dan barang dari kayu akan 0% dalam 7 tahun dan 141 di antaranya akan langsung 0% saat IC-CEPA berlaku.

Perhiasan: perhiasan yang terbuat dari perak, emas, dan mutiara juga mendapat penghapusan tarif menjadi 0% saat persetujuan ini mulai berlaku.

Sumber : Direktorat Perundingan Bilateral, Ditjen. Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan R.I