Kegunaan Form IC-CEPA

Surat Keterangan Asal Form IC-CEPA SKA Form IC-CEPA merupakan Surat Keterangan Asal / Certificate of Origin (SKA/COO) yang digunakan sebagai dokumen penyerta barang ekspor untuk negara tujuan ekspor Chile. SKA Form IC-CEPA termasuk jenis SKA Preferensi.

SKA Form IC-CEPA merupakan Surat Keterangan Asal / Certificate of Origin (SKA/COO) yang digunakan sebagai dokumen penyerta barang ekspor untuk negara tujuan ekspor Chile. SKA Form IC-CEPA termasuk jenis SKA Preferensi.

Tutorial SKA Form IC-CEPA

Tutorial SKA Form IC-CEPA merupakan tata cara pengisian pada modul e-SKA pada saat eksportir akan mengajukan permohonan SKA Form IC-CEPA pada aplikasi e-SKA (http://e-ska.kemendag.go.id/home.php).

Berikut ini adalah tata cara pengisian SKA Form IC-CEPA (Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement), isi sesuai dengan kolom yang tersedia pada Form IC-CEPA.

Isi sesuai dengan kolom

Kolom 1 : Isi dengan nama lengkap, alamat, dan negara eksportir.
Kolom 2 : Isi dengan nama lengkap, alamat, dan negara penerima barang.
Kolom 3 : Isi dengan tanggal keberangkatan, nama kapal / nomor penerbangan, nama pelabuhan muat, dan nama pelabuhan tujuan
Kolom 4 : Diisi oleh pejabat berkepentingan.
Kolom 5 : Nomor item (terisi secara otomatis by sistem).
Kolom 6 : Isi dengan tanda dan jumlah kemasan.
Kolom 7 : Isi dengan jumlah dan jenis kemasan, deskripsi barang, dan nomor HS enam digit. Deskripsi barang pada Certificate of Origin harus cukup rinci untuk memudahkan barang diidentifikasi oleh Otoritas Kepabeanan.
Kolom 8 : Isi dengan kriteria asal barang
Kolom 9 : Berisi kuantitas berat kotor atau berat bersih, atau ssatuan unit lainnya.
Kolom 10 : Isi dengan nomor invoice, tanggal invoice, dan nilai FOB.
Kolom 11 : Field ini adalah untuk informasi tambahan (jika ada)

  • Jika Surat Keterangan Asal dikeluarkan sesuai dengan Bagian B Aturan 2, Otoritas Kompeten harus mengindikasikan “penggantian CIO No. … tanggal yang dikeluarkan …”.
  • Jika Sertifikat Asal dikeluarkan sesuai dengan Bagian B Aturan 5, Otoritas Kompeten harus menunjukkan “Salinan Bersertifikat”.
  • Dalam kasus di mana suatu barang ditagih oleh negara ketiga sesuai dengan Bagian B Aturan 17, akan menunjukkan “NEGARA KETIGA YANG MELAKUKAN INVESTASI”. Nama dan negara perusahaan yang mengeluarkan faktur harus disebutkan (jika diketahui).
  • Informasi tambahan lainnya yang dianggap sesuai.

Kolom 12 : Kolom ini diisi tempat dan tangal pengisian SKA serta tanda tangan eksportir.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan